ageunfold.com – Dalam dunia komputer, perkembangan teknologinya semakin tidak dapat dibendung. Contohnya adalah dalam perkembangan software sekaligus hardware. Untuk hardware sendiri, seperti adanya processor, VGA, dan RAM, serta OS (Sistem Operasi). Nah, selain itu terdapat media penyimpanan eksternal seperti halnya flashdisk. Jika terjadi kerusakan, bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang rusak?

Pengertian Flashdisk

Flashdisk atau USB Flash Drive ialah salah satu media (perangkat) penyimpanan eksternal untuk data-data, dimana data-data tersebut bisa dioperasikan melalui komputer atau laptop. Untuk menghubungkannya dengan laptop, cukup mudah yaitu, Anda tinggal colokkan ke lubang pada laptop yang memang khusus untuk flashdisk, karena sifatnya adalah portable

Bentuk USB Flash Drive ini kecil, namun mampu menampung jutaan memori. Dulu, memang ukurannya hanya setengah GB atau 512 MB. Namun,seiring berjalannya waktu, ukurannya kian besar seperti 8 GB bahkan 32 GB. 

Semakin besar kapasitas ukurannya, semakin mahal harganya. Terkadang, bisa tergantung sesuai bentuknya juga, loh. Jika semakin unik dan beraneka ragam juga semakin menambah nilai jual. 

Selain itu, USB Flash Drive tergolong salah satu komponen hardware dengan sifat non volatile yaitu, meskipun flashdisk dicabut dari komputer atau laptop, tetapi datanya tidak akan hilang dan selalu tersimpan. Kecuali memang terkena virus, data-data tersebut bisa saja hilang. 

3 Cara Memperbaiki Fashdisk Rusak

Meskipun memiliki fungsi penting, tetapi flashdisk ini termasuk benda kecil dan rawan masalah. Siapa sih yang ingin mendapat masalah ketika mengoperasikannya, tidak ada kan? Nah, tetapi jika masalah terjadi, misalnya rusak, apa yang harus Anda lakukan?

 

  • Melakukan Install Ulang

 

Jika rusak, semua data yang ada di dalamnya tidak akan bisa terbaca oleh komputer atau laptop. Cara pertama, harus Anda lakukan penginstalan ulang. 

 

Hubungkan USB ini dengan PC > bukalah menu Control Panel > pilihlah menu hardware and sound > pilih menu Driver Manager kemudian carilah Universal Serial Bus Controller > buka menu dropdown > search USB Mass Storage Device > Klik kanan kemudian pilih uninstall> cabut perangkat > hubungkan kembali pada PC. 

 

 

  • Menggunakan HDD Low Level Format

 

Cara menggunakan HDD Low Level Format  cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

 

Masukkan USB ke perangkat PC > unduh software bernama HDDGURU Low Level Format > klik kanan pada aplikasi yang sudah diunduh untuk run as administrator (proses instalasi) > pilih USB dan klik continue > format ulang seperti biasanya > selesai. 

 

 

  • Menggunakan White Protected

 

Perbaikan menggunakan white protected harus memerlukan CMD (command prompt). Langkah-langkahnya sebagai berikut. 

 

Klik logo windows > pilih command prompt > ketikkan perintah diskpart dan tekan enter agar muncul new tab > ketik list disk guna melihat daftar media penyimpanannya > pilih select disk 2 > ketik attributes disk clear readonly > klik clean > klik create participation primary > ketik perintah format sebagai berikut fs=fat32 (fat32 bisa Anda ubah menjadi ntfs) > exit

Baca Juga : Praktisnya Cara Ubah Background Foto Menggunakan PicsArt

Bagaimana? Sudahkah Anda memahami cara memperbaiki flashdisk yang rusak? Segera saja lakukan penanganan seperti 3 cara yang kami utarakan di atas ya, apabila USB Anda mengalami masalah yakni, kerusakan. Sayang jika harus membeli baru. Selama USB lama masih bisa diperbaiki, perbaikilah terlebih dahulu, ya! Jadilah pengguna cerdas dan bijak mengelola keuangan. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *