ageunfold.com – Siapa sih tak mengenal WhatsApp?. Aplikasi messenger atau chatting sejuta umat ini memang tak bisa diragukan lagi manfaatnya. Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2020 aplikasi WhatsApp (WA) telah menembus angka dua miliar pengguna. Hal ini disampaikan langsung melalui blog resminya. Dengan berbagai macam fitur luar biasanya maka tak heran jika penggunanya pun banyak.

Salah satu fitur yang relatif baru dikeluarkan aplikasi yang juga berbasis web ini adalah status WA. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar, video, teks, sampai tautan kepada seluruh kontak selama 24 jam. Akan tetapi, hal ini bisa jadi masalah tersendiri ketika privasi mulai terusik oleh sebagian pengguna lainnya. Lantas, adakah cara privasi status WA? Jawabannya ADA!

Apa Itu Status WhatsApp?

Sering disebut juga sebagai WAstory atau cerita, fitur ini menyediakan layanan berupa berbagai pembaruan foto, video, teks, maupun GIF yang mana akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. Untuk dapat mengirim dan menerima pembaruan cerita dari dan ke kontak Anda maka syaratnya adalah Anda dan pengguna lainnya harus menyimpan nomor telepon satu sama lain dalam ponsel.

Jika ingin mengetahui pembaruan story seseorang maka caranya adalah dengan mengetuk tab “Status” atau dapat menggeser layar (Kanan atau kiri) ke arah tab tersebut. Sedangkan jika Anda ingin membuat story baru maka caranya adalah dengan mengetuk ikon foto profil bertanda “+” untuk pembaruan foto maupun video, dan mengetuk ikon pensil di pojok kanan bawah untuk story berupa teks.

Selain mengirim dan menerima, kita juga dapat membalas story seseorang dalam kontak, yaitu cukup dengan mengetuk “Balas” di bagian bawah tampilan storynya. Cukup mudah digunakan, bukan?.

Bagaimana Cara Privasi Status WA?

Ada kalanya kita merasa tidak nyaman ketika membagikan story ke semua kontak dalam WA. Entah malu atau sungkan, tentu perasaan tersebut bisa mampir ketika mengetahui bahwa konten story kita dilihat oleh orang-orang tertentu yang tidak semestinya perlu tahu. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba mengatur privasi status WA hanya bagikan dengan kontak-kontak terpilih saja.

Agar lebih mudah mengaturnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, kemudian arahkan ke halaman “Status”.
  2. Ketuk ikon titik tiga (Setelan) yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih menu “Privasi status”.
  3. Selanjutnya, pilih fitur mana yang dibutuhkan. Di halaman ini Anda akan menemukan tiga opsi, yaitu:
  • “Kontak saya” berfungsi agar semua orang dalam kontak bisa melihat cerita Anda.
  • “Kontak saya kecuali…” berfungsi agar bisa mengecualikan siapa saja yang tidak perlu melihat (Hide).
  • “Hanya bagikan dengan…” berfungsi untuk membagikan story hanya kepada orang-orang tertentu saja (Show).
  1. Jika memilih opsi “Kontak saya kecuali..” maka selanjutnya munculah halaman “Sembunyikan status dari..” dimana berisi daftar kontan Anda. Untuk memilih siapa saja yang tidak perlu melihat, silakan cari dan ketuk namanya sehingga muncul ikon centang merah di sebelah kanannya. Setelah selesai, silakan ketuk ikon centang warna hijau pada pojok kanan bawah untuk menyimpan perubahan.
  2. Apabila ingin mengubah pengaturan, silakan kembali pada menu tersebut lalu ketuk lagi namanya agar menghilangkan tanda centang merah.

Baca Juga : Seperti Ini Cara Jual Emas Antam Aman

Demikian itulah informasi menarik tentang bagaimana cara privasi status WA agar hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Dengan memanfaatkan layanan ini, kita bisa jadi lebih aman dan nyaman saat membagikan WAstory. Selamat mencoba!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *