ageunfold.com – Teknologi sekarang memang semakin canggih. Bagi Anda yang tidak melek Photoshop untuk melakukan edit latar belakang gambar, tenang saja karena tidak harus datang ke ahli foto (tukang foto), pasti ribert, kan? 

Ada cara praktis sekaligus mudah untuk dilakukan yakni, menggunakan aplikasi PicsArt. Aplikasi sejuta umat lengkap dengan beragam fitur praktis dan menarik di dalamnya. Anda pun tidak memerlukan laptop sebagai perangkat pendukungnya, cukup menggunakan HP Android atau iPhone. Nah, berikut cara ubah background foto yang wajib Anda simak. 

9 Cara Mengganti Background Foto Dengan PicsArt

Sebelumnya, jika menginginkan semua fitur di dalamnya berfungsi secara maksimal, Anda harus siap merogoh duit, ya! Karena fitur-fitur dalam PicsArt berbayar. Jika tidak siap mengeluarkan duit, fitur-fiturnya tidak bisa berfungsi secara maksimal. Tidak semuanya bisa digunakan, walaupun ketika menggunakan mode trial 7 hari untuk waktu-waktu tertentu saja. Oke, langsung saja berikut caranya. 

 

  • Install Aplikasi PicsArt

 

Anda dapat mengunduh sekaligus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Jika menggunakan Android, maka masuklah menu Google Play Store. Sementara, jika menggunakan iPhone, maka masuklah ke menu App Store.

 

  • Buka Aplikasinya dan Buat Lembar Baru

 

Jika proses instalasi sudah berhasil dilakukan, bukalah icon PicsArt di HP Anda. Serta, buatlah lembar baru dengan menekan tanda plus (+) di bagian tengah bawah. Lembar baru berguna sebagai lembar editing.

 

  • Pilih Foto

 

Ketika masuk di halaman baru, Anda akan dibawa ke menu galeri atau tempat foto-foto tersimpan. Pilihlah foto mana yang ingin diedit untuk diubah latar belakangnya. 

 

  • Gunakan Fitur Icon Gunting (Cutout Tools)

 

Cutout Tools berfungsi sebagai icon untuk memisahkan antara tubuh di dalam gambar dengan background. Kemudian, masuk ke fitur “Person”, yang akan secara otomatis menyeleksi objek dalam gambar. 

Semua tubuh Anda akan muncul warna merah seolah-olah mengindikasikan bagian berwarna merah tidak akan ikut diganti warnanya. Hanya bagian belakang objek saja yang diganti warnanya nanti. Selanjutnya, klik tulisan “Save”. 

 

  • Cropping

 

Proses selanjutnya adalah cropping (memotong bagian latar belakang). Pada menu bar yang ada di bagian bawah, klik “Tools” > “Crop” > “Save”. Sesuaikan potongan sesuai keinginan atau kebutuhan ya agar lebih terlihat simetris. Sisi atas bawah kanan kiri proporsinya pas. Setelah itu, simpan gambarnya dengan menekan tanda panah dan bentuknya ke arah bawah 

 

  • Buat Background Berwarna

 

Nah, karena umumnya yang sering dibutuhkan adalah background warna biru dan merah, maka pilihlah warna-warna tersebut untuk menggantinya. Caranya sama dengan poin dua yakni, membuka lembar baru lagi dengan “tambah lembar kerja” > pilih warna backgroundnya. 

 

  • Insert Gambar

 

Setelah background terganti warnanya, “Add Photo”. “Add Photo” ada dibagian menu bar bawah. Sesuaikan foto dengan ukuran frame backgroundnya. Bisa Anda perbesar atau sebaliknya perkecil. 

 

  • Finishing 

 

Proses terakhir adalah finishing yakni, jika merasa editingnya sudah sesuai, download atau save-lah hasilnya. Caranya klik panah berarah ke kanan yang ada dibagian atas. Simpan ke galeri photo. 

 

  • Cek di Galeri

 

Nah, pastikan gambar hasil editing sudah berhasil diunduh, ya! segera cek galeri photo. 

Baca Juga : Cara Mengatur Status/Story WA Agar Menjadi Lebih Privasi

Gimana 9 cara ubah background foto menggunakan PicsArt. Mudah untuk dilakukan, kan? Boleh tidak bisa menggunakan photoshop, tapi minimal bisa lah ya untuk mengotak-atik PicsArt ini. aplikasinya sangat memudahkan, loh. Cukup menggunakan HP, hasil kreasipun jadi. Praktis lagi. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *