ageunfold.com – Apakah Anda sedang mencari cara jual emas antam karena keperluan yang mendadak dan darurat? Apabila jawabannya iya, maka Anda telah berada di halaman yang tepat. Tidak bisa dipungkiri bahwa keadaan ekonomi saat ini memang sedang tidak baik-baik saja karena wabah covid-19. Untuk itu menjual sebagian atau seluruh investasi emas menjadi solusi yang tepat untuk bertahan hidup.

Sebenarnya apabila Anda mengetahui cara menjual logam mulia seperti antam dapat dikatakan mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi butik emas terdekat di sekitar Anda. Akan tetapi karena kondisi pandemic dari pihak PT Antam membuat pembatasan sehingga membuat pelanggan untuk mendaftar online terlebih dahulu.

Cara Aman Menjual Emas jenis Antam

  1. Pertama setelah Anda melakukan pendaftaran secara online,maka Anda perlu menunggu hingga data-data Anda dapat diverifikasi oleh pihak PT. kemudian Anda akan memperoleh informasi berupa nomor antrian serta jadwal pelayanan untuk melayani jual beli pada H+1.
  2. Setelah Anda memiliki nomor antrian serta jadwal untuk penjualan, Anda dapat melakukan penjualan di butik logam muliaAntam secara offline.
  3. Untuk pelanggan yang telah terdaftar dan memiliki nomor antrian akan tetapi tidak bisa hadir pada waktu yang sudah ditetapkan, tentunya harus melakukan pendaftaran online kembali 2 minggu setelahnya untuk kembali mendapatkan nomor antrian.

Ketika melakukan interaksi di butik emas, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti:

  1. Pengunjung dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker atau penutup medis lain sesuai dengan ketentuan.
  2. Menjaga jarak antara orang yang satu dengan yang lainnya, atau Anda sebagai pengunjung wajib menerapkan physical distancing.
  3. Pada setiap harinya, akan dibatasi atau diatur jumlah antrian untuk pelanggan yang akan melakukan proses transaksi.
  4. Demi kenyamanan banyak orang, ketika sedang berada di butik emas Anda wajib mengikuti apa yang diarahkan oleh petugas.

Simulasi Jual Antam

Untuk harga jual emas batangan antam, pada setiap gramnya memiliki harga yang berbeda di setiap butik. Untuk harga jualnya dikenakan pajak penghasilan yang sesuai dengan pasal 22 dan biaya di atas  materai. Simak ulasan simulasi berikut khusus untuk Anda yang hendak menjual Antam tapi masih bingung dengan perhitungannya, simak simulasi berikut ini:

Catatan penting: berhubungan dengan PMK No 34/PMK.10/2017, penjualan kembali antam ke PT ANTAM Tbk. Akan dikenakan PPh sebanyak 22 atau sekitar 1,5% yang mana jumlahnya tidak lebih dari Rp 10 juta. Untuk contoh perhitungan dapat disimak sebagai berikut:

  1. Apabila logam antam yang akan dijual memiliki berat sebanyak 10 gram, maka untuk perhitungannya yaitu: 813.00 x 10 gram = 8.130
  2. Karena diperkirakan untuk harga jual di bawah 10 juta, maka Anda tidak akan dikenai pajak.
  3. Selanjutnya ttd kesepakatan di atas materai 6.000
  4. Sehingga untuk total jualnya yaitu Rp8.124.000 (8.130.000 – Rp6.000)

Baca Juga : Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Syariat Islam

Seperti itulah untuk cara jual emas antam dengan mudah yang dapat Anda ikuti. Selain menjualnya di butik emas, Anda juga dapat menjualnya di pegadaian namun ketika kondisi tepat sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *