ageunfold – Sebagai seorang muslim, tentu Anda mengetahui bagaimana tata cara wudhu yang benar. Wudhu merupakan syarat sahnya salat dan tentunya dapat diterima Allah SWT. Perintah melaksanakan wudhu sebelum salat telah tertulis di Surat Maidah ayat 6. Di mana ayat tersebut memberitahu bagian mana saja yang perlu Anda basuh.

Cara Wudhu Berdasarkan Sunnah

1. Niat Wudhu

Sebelum Anda melaksanakan salat, sebaiknya kumpulkan niat dari hati dan pikiran terlebih dahulu. Niat merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan ibadah salat. Jika Anda mempunyai niat yang tulus, hal pertama yang Anda wajib lakukan adalah wudhu. Niat wudhu juga akan muncul dengan sendirinya apabila Anda berniat untuk melakukan ibadah salat.

HR Bukhari pernah menyatakan bahwa seseorang akan mendapatkan balasan berdasarkan niatnya. 

2. Membaca Basmallah

Jika niat wudhu sudah muncul dari hati dan pikiran Anda, ucapkan Basmallah sambil mencuci telapak tangan kanan dan kiri 3 kali sampai ke sela-sela jari. Apabila Anda lupa, tetaplah mencuci kedua telapak tangan Anda.

3. Berkumur-kumur

Kumur air sebanyak tiga kali di dalam mulut keluarkan air serta bersihkan gigi dan sisa makanan yang terdapat di gigi. 

4. Cuci lubang hidung

Keluarkan kotoran hidung dengan cara mencuci kotoran di dalamnya sebanyak 3 kali. Cara yang paling tepat sesuai sunnah adalah dengan menghirup air dalam sekali hirup dan mengeluarkan kotoran tersebut sambil memencet hidung.

5. Membasuh wajah 3 kali

Basuh wajah Anda selama 3 kali saat melakukan wudhu. Basuh dari ujung kepala rambut sampai ke bawah dagu. Bersihkan telinga kanan dan telinga kiri.

6. Bersihkan kedua belah tangan dan bagian siku

Cuci tangan Anda sampai ke siku, cuci sampai 3 kali. Dahulukan tangan bagian kanan untuk pembasuhan. Hal ini sudah dianjurkan di surat Al-Maidah ayat 6. 

7. Usap kepala 

Selanjutnya usap kepala Anda dari depan ke bagian belakang sebanyak 1 kali.

8. Bersihkan telinga

Bersihkan kedua telinga tanpa mengambil air baru. Lakukan pembersihan dengan cara memasukan jari telunjuk ke dalam telinga, usapkan ibu jari juga ke daun telinga Anda. Lakukan pembersihan kedua telinga secara bersamaan.

9. Cuci kedua kaki kaki dan bagian mata kaki

Cuci kaki sebanyak 3 kali, mulai dari kaki kanan sampai ke kaki kiri. Basuh kaki dari jari kelingking dan semua sela-sela jari. Pembasuhan harus dilakukan secara sempurna, pastikan semua kulit terkena air wudhu.

10. Membaca doa

Jika sudah selesai melaksanakan wudhu dengan baik dan benar, selanjutnya baca doa sebelum ibadah salat. Arahkan diri ke arah kiblat dan mengangkat kedua tangan Anda.

Baca Juga : Cara Hutang Pulsa Telkomsel Dalam Keadaan Darurat

Awali tata cara wudhu yang benar dengan baik, supaya ibadah dapat diterima oleh Allah SWT. Seluruh bagian tubuh yang disampaikan di atas harus terkena air wudhu. Semua pembasuhan dilakukan sebanyak 3 kali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *