Tips Dan Trik Menggambar Bentuk Dengan Mudah Bagi Pemula

ageunfold.com – Belajar menggambar mungkin akan terasa cukup sulit bagi sebagian orang yang tidak berbakat atau terlatih. Namun jangan khawatir karena ada banyak langkah menggambar bentuk yang bisa Anda pelajari. Untuk berlatih, cobalah beberapa teknik yang mendasar dan dapat bertahap ke teknik yang lebih kompleks. 

Tips  Teknik Menggambar Bentuk

  1. Mulailah dengan menggambar garis lurus dan lengkungan dasar. Mulailah dengan membuat garis lurus dengan cermat menggunakan pensil. Latihlah tangan Anda agar tidak kaku dengan menahan tangan di berbagai sudut. Cara ini terbukti dapat embantu mengontrol pensil agar nyaman. 
  2. Sesudah fasih menggambar garis lurus, mulailah putar pergelangan tangan untuk membuat kurva. Step selanjutnya dengan mencoba membuat lingkaran besar dan pusaran kecil di bagian bawah. Ini akan melatih koordinasi mata sehingga dapat membuat efek yang diinginkan. 
  3. Latihlah juga tangan Anda agar bisa menggambar garis dengan berbagai ketebalan, panjang dan tekstur. Selain itu Anda juga dapat mencoba membuat coretan, gelombang atau zig-zag. Saat dirasa sudah cukup fasih, mulailah menggambar bangun dua dimensi seperti kotak, lingkaran, segitiga atau yang lainnya. 
  4. Bagi Anda yang sudah mulai mahir, Anda dapat menambahkan bayangan pada bangun yang digambar. Buatlah bayangan di area yang terjauh dari sumber cahaya dengan menggunakan pensil. Untuk area yang dekat nantinya tiak perlu diberi bayangan terlebih dahulu. Buatlah bayangan hingga terlihat pudaran gradient halus dari sisi tergelap objek ke bagian terang. 
  5. Buatlah objek gambar menjadi lebih realistis, salah satu caranya adalah dengan menambahkan bayangan di bagian tanah. Anda harus dapat membayangkan titik sumber asal cahaya dan membayangkan sisi objek yang membelakangi cahaya. Perhatikan bayangan agar bentuknya sama seperti objek dan ukurannya tentu saja dapat lebih panjang atau lebih pendek. 
  6. Untuk membantu menggambar, Anda bisa membuat kisi di kertas dengan ukuran yang benar. Anda harus berlatih menyesuaikan ukuran dari gamabar dengan alami saat menyalinnya di kisi agar hasilnya sesuai. 
  7. Belajarlah untuk mempelajari cara menggambar dengan perspektif. Untuk memulainya, gambarlah garis horizontal dan titik kecil di garis tersebut. Titik ini nantinya akan menjadi titik lenyap. Langkah selanjutnya gambar dua garis yang lurus dan miring dan nantinya akan bertemu di titik lenyap. 

Teknik gambar perspektif ini cocok digunakan untuk menggambar rel kereta api, jalan, sungai dan lain sebagainya. Bagian yang terlihat paling lebar ada di dekat ujung bawah, sedangkan yang paling jauh terlihat adalah titik lenyap. 

  1. Setelah Anda sudah bisa membuat baying bangunan, cobalah menggambar objek yang kompleks. Misalnya saja menggambar tangan, wajah, mobil dan lain sebagainya. Agar memiliki inspirasi, Anda bisa menggunakan foto, gambar di majalah atau apapun untuk dijadikan objek gambar. Setelah gambar jadi, buatlah  bayangannya agar terlihat lebih nyata. Untuk menggambar objek bagi pemula, Anda dapat menggunakan bantuan cermin dan lihat bayangannya. Dari sini Anda dapat terbantu menentukan letak bayangan dari objek. 
  2. Berlatihlah membuat garis dengan bentuk sketsa sebelum membuat detail dari gambar. Sesudah gambar jadi, Anda dapat menambahkan detailnya agar hasilnya dapat terlihat lebih proporsional. 

Baca Juga : Cara Membuat Server Teamspeak 3

Beberapa tips langkah menggambar bentuk ini dapat Anda ulang terus menerus. Anda hanya perlu berlatih dengan sabar karena menggambar memang membutuhkan kesungguhan dan latihan. Semakin banyak berlatih, maka akan semakin terasah pula kemampuan yang dimiliki. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *