ageunfold.com – Banyak orang justru melakukan kesalahan ketika menangani masalah mimisan. Misalnya saja,  dengan berbaring atau mendongak agar darah berhenti mengalir dari lubang hidung. Padahal langkah ini merupakan kesalahan fatal dan bisa membahayakan. Mimisan atau dalam bahasa medisnya yaitu epistaksis merupakan suatu kondisi dimana darah keluar dari hidung.

Mimisan sering dialami semua orang, mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Penyebabnya pun juga bervariasi, mulai dari yang ringan sampai dengan yang membahayakan. Beberapa penyebab yang sering terjadi yaitu akibat terdapat luka di dalam lubang hidung, kelainan darah, iritasi mukosa  hidung sampai dengan tumor. Lalu,bagaimana cara mengatasi mimisan yang paling efektif. Anda dapat menerapkan pertolongan pertama dibawah ini!

Langkah-Langkah Pertolongan Pertama Dalam Mengatasi Mimisan  

Jika Anda atau keluarga mengalami mimisan, maka jangan panik.karena dapat melakukan beberapa langkah berikut ini sebagai tindakan pertolongan pertama di rumah.

  •  Duduk tegak

Hingga sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi mimisan yang tepat. bahkan kebanyakan orang justru melakukan tindakan yang salah, seperti menengadahkan kepalanya ke atas atau berbaring. Padahal sebenarnya cara ini sangat tidak dianjurkan karena sangat berbahaya. 

Nah, cara yang tepat yaitu dengan duduk tegak dan arahkan bagian tubuh sedikit menjorok ke depan. Fungsinya untuk mencegah darah agar tidak masuk kembali ke dalam hidung. 

  • Pencet bagian cuping hidung sekitar 10 menit

Cara berikutnya yaitu dengan menekan bagian cuping hidung menggunakan jari telunjuk dan ibu jari kurang lebih selama 10 menit. Tindakan ini bertujuan untuk menekan bagian titik pendarahan agar darah segera berhenti mengalir. Pada saat melakukan metode ini, maka Anda bisa bernapas melalui organ mulut.

  • Hindari bersin

Pada saat darah masih mengalir dari lubang hidung, maka jangan sesekali Anda mencoba untuk bersin dengan harapan darah cepat keluar dari hidung. Hal ini justru membuat darah akan sulit berhenti, bahkan darah yang tadinya sudah mengering akan terangsang kembali untuk mengalir kembali.

  • Lakukan kompres dingin

Saat terjadi mimisan, Anda bisa mengompres dingin pada bagian area hidung. Dengan kompres dingin, maka darah akan segera berhenti.akan tetapi hindari menempelkan es batu secara langsung pada hidung. Namun Anda bisa menyiasati dengan membungkus es batu menggunakan kain terlebih dahulu, setelah itu baru menempelkan ke hidung.

  • Jika tidak ada perubahan, maka segera pergi ke dokter

Apabila Anda atau keluarga mengalami mimisan yang tidak kunjung berhenti lebih dari 20 menit dan Anda sudah berusaha untuk melakukan tindakan pertolongan yang dapat dilakukan di rumah, namun tidak memberikan hasil maka sebaiknya segera berkunjung ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Selain itu, jika Anda mengalami lemas karena kehilangan banyak darah saat mimisan, sulit bernapas, menelan banyak darah bahkan sampai muntah maka sebaiknya jangan menanganinya sendiri, karena Anda membutuhkan bantuan medis.

  Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Mudah dan Cepat

Dengan mengetahui 5 langkah cara mengatasi mimisan di atas, semoga dapat menambah wawasan Anda sehingga saat terjadi kecelakaan seperti itu segera bisa melakukan pertolongan pertama.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *